benteng portugis di jepara tersembunyi dan mitosnya

benteng portugis di jepara tersembunyi dan mitosnya belum terlalu didengar.

Benteng portugis di jepara tersembunyi masih sedikit dari kita yang tahu bahwa ada benteng yang dibangun oleh Portugis di perbukitan di Jepara.

Lokasinya di desa Banyumanis kecamatan Donorojo, 45 km dari kota jepara. jalannya cukup lumayan beraspal walau pun masih banyak berlubang.  disarankan menggunakan kendaraan pribadi karena angkutan umum belum menjangkau sampai ke lokasi.

lokasi tersebut cukup terawat dan gerbang masuknya megah dan gagah, menunjukkan Pemerintah setempat cukup serius dalam mengelola benteng portugis di jepara tersembunyi.

benteng portugis di jepara tersembunyi
benteng portugis di jepara tersembunyi

masuk dari gerbang terlihat bukit di sisi kanan, dimana di atas bukit tersebut terdapat lokasi Meriam pertahanan bangsa Portugis. saat ini hanya tersisa reruntuhan bekas benteng dan replika meriam. karena ketinggiannya di atas bukit terlihat pulau Mandalika di seberangnya. karena diatas bukit, angin yang semilir membuat kita betah berlama-lama.

menariknya lagi terdapat mitos yang menyelimuti daerah tersebut hingga bangsa Portugis tidak bisa bertahan lama.

banyak kejadian yang memakan korban jiwa karena adanya pusaran air laut di selat Mandalika. cerita desas desus pusaran tersebut merupakan pintu gerbang Keraton Luweng Siluman dengan rajanya Siluman Bajul Putih. ada sumpah dari si siluman setelah dikalahkan Ki Leseh bawhwa tiap ada berkulit putih pasti akan tersedot di pusaran air tersebut.

alasan yang lebih logis adalah adanya perpindahan dari Kerajaan Demak ke Kerajaan Pajang mengakibatkan perubahan jalur perdagangan dari laut menjadi darat, sehingga akhirnya Benteng tersebut ditinggalkan begitu saja hingga bertumbuh semak belukar.

pada saat penjajahan Jepang benteng tersebut digunakan lagi sebagai pengintai laut. dan dibangun lebih tinggi lagi. dan menurut cerita dibuatlah jalur gua dari atas bukit yang menembus pantai di kaki bukit.

sebagai peninggalan masa lalu, benteng portugis di Jepara sangat menarik untuk dikunjungi, kombinasi antara pantai dan bukit dengan pepohonan yang rindang dan mitos-mitos diantaranya.

benteng portugis di jepara tersembunyi kini saatnya untuk dimunculkan kembali dengan sarana dan prasarana yang lebih baik sehingga akan banyak menarik pengunjung.

About Arief B. Muttaqien 79 Articles
orang biasa, yang biasa saja, biasa jalan-jalan, biasa makan..pokoknya biasa lahh.. tapi tetap LUAR BIASAAA

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*