Bisnis Online Kesalahan Pertama kali saat mulai

Bisnis Online Kesalahan Pertama kali saat mulai

Bisnis online. ketika membaca artikel ini pasti anda sedang menggunakan internet. untuk have fun, nonton film, main mobile legends, bersosmed dengan teman, atau sekadar chatting. Atau sedikit lebih maju ketika sudah mulai menggunakan sosmed dan chat untuk berjualan. Selamat anda sudah masuk ke bisnis online. Cukup? Jika merasa cukup, maka Selamat! anda membuat kesalahan pertama di bisnis online.

Kenapa begitu?

Kita berpikir bahwa saya sudah punya akun instagram, akun facebook, mungkin akun di marketplace cukup. Dan tentunya media chatting yang siap menjawab pertanyaan calon pembeli. Cukup. Udah banyak kok ordernya.

Gak kepengin lebih besar lagi?

Perhatikan gambar ini  dari www.kelasmarketingonline.net ini

Bisnis Online Kesalahan Pertama kali saat mulai

Di sudut pandang pemilik bisnis, punya chat seperti WA / LINE dan sosmed adalah langkah awal yang sudah cukup menunjang perkembangan bisnis. Setelah itu baru bergerak ke e-commerce atau marketplace. listing lokal banyak yang terlewatkan bahkan tidak tahu apa itu listing lokal. Web gimana? bikin web mahal! buat apa repot-repot?

Ok, begini. Kita tempatkan diri sebagai pembeli.  Apa yang kita lakukan kalau sedang merencanakan membeli sesuatu? langsung chat dengan penjual? lha tahu no.chat dari mana? atau nyari-nyari di sosmed? nyari di marketplace? bisa jadi. Tapi muncul barang yang sama, penjualnya beda-beda.  Bingung kadang, ini yang bener yang mana?

Yang paling gampang ya kita googling.. ketik barang yang kita cari di google. dan Jreeeenngg.. munculah info-info yang lengkap. Mulai dari review, gambar-gambar, artikel-artikel, iklan penjual sampai info penjual di listing bisnis lokal.

Untuk info lengkap kita akan pilih artikel-artikel dari website yang terpampang di halaman pertama Google, bukan?

Sudah mengerti pointnya dari sini? Web adalah toko kita di dunia maya. Jika kita tidak punya toko, tidak punya etalase yang memamerkan produk kita, siapa yang tahu kalau kita berjualan?

Lha..di marketplace kan bisa. Ngapain punya web sendiri? Numpang aja di marketplace besar-besar.

Boleh saja.. tapi inget satu hal. Namanya NUMPANG, ya harus nurut yang punya. . Database prospek bisa kita dapatkan? enggak lah..data dimiliki yang punya. Kalau sewaktu-waktu ditendang ya terima aja.. namanya numpang..

Pengin belajar bisnis online lebih lanjut, klik di sini.

About Arief B. Muttaqien 79 Articles
orang biasa, yang biasa saja, biasa jalan-jalan, biasa makan..pokoknya biasa lahh.. tapi tetap LUAR BIASAAA

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*