CARA DAFTAR BPJS UNTUK CALON BAYI

CARA DAFTAR BPJS UNTUK CALON BAYI

CARA DAFTAR BPJS UNTUK CALON BAYI

Cara daftar BPJS untuk calon bayi bagaimana caranya?

Masih banyak yang salah kaprah mengenai cara-cara pendaftaran calon bayi yang masih dalam kandungan. Banyak yang berpikiran jika mendaftarkan 1-2 bulan sebelum HPL (hari Perkiraan Lahir) maka akan dibebani iuran bulanan sebelum bayinya lahir. Saya pun awalnya berpikiran demikian. Bahkan dokter kandungan istri saya pun berpikiran demikian.

Nah, ternyata pemikiran kami semua salah.

Kebetulan pada saat kami akan periksa bulanan di Rumah Sakit Bersalin, ada x banner mengenai BPJS kesehatan pendaftaran untuk bayi yang masih didalam kandungan. Mengutip web pasienBPJS.com Menurut Peraturan BPJS No 23 Tahun 2015 calon Bayi didalam kandungan dapat didaftarkan oleh ibunya atau keluarganya selambat-lambatnya 14 hari sebelum bayi dilahirkan dari mulai 7-8 bulan usia kandungan, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Bayi yang bisa didaftarkan adalah bayi dari seorang ibu yang statusnya sebagai kelompok pekerja bukan penerima upah (PBPU) atau BPJS mandiri bukan peserta BPJS perusahaan.
  2. Usia kandungan sudah cukup umur dengan ditandai adanya denyut jantung dari calon bayi di dalam kandungan, dengan melampirkan surat pengantar dari dokter, anda bisa meminta kepada dokter kandungan anda untuk dibuatkan surat pengantar daftar BPJS bayi yang masih dalam kandungan. Biasanya di usia 7-8 bulan.
  3. Data nama peserta BPJS yang diberikan untuk bayi yang masih didalam kandungan akan mengatasnamakan Bayi Nyonya Nama_ibu_kandung
  4. Data Untuk No KK (Kartu keluarga) dari bayi yang didaftarkan akan menggunakan No KK yang digunakan oleh orang tuanya.
  5. Untuk mengisi biodata tanggal lahir, diisi dengan tanggal ketika melakukan pendaftaran.
  6. Jenis kelamin harus sesuai dengan hasil pemeriksaan USG, anda bisa meminta surat pernyataan kepada dokter kandungan mengenai jenis kelamin bayi anda. Sama dengan point 2.
  7. Kelas Perawatan yang harus dipilih untuk peserta BPJS bayi yang masih dalam kandungan harus sama dengan kelas rawat ibu kandungnya. jika ibu kandungnya mengambil kelas rawat kelas 1 maka bayipun harus kelas 1.
  8. Perubahan identitas Peserta BPJS untuk bayi yang masih didalam kandungan harus segera diubah ketika setidaknya usia bayi kurang dari 3 bulan, artinya jika bayi tersebut sudah dilahirkan, anda sebagai orang tuanya harus segera melakukan perubahan identitas peserta BPJS untuk bayi tersebut paling lambat 3 bulan setelah bayi tersebut dilahirkan.
  9. Jika dalam rentang 3 bulan setelah dilahirkan tidak melakukan perubahan identitas kepesertaan BPJS. maka pelayanan BPJS untuk bayi tersebut dihentikan, dan status kepesertaan BPJS untuk bayi tersebut dinyatakan tidak Aktif.
  10. Pendaftaran bayi didalam kandungan tidak dapat dilakukan untuk peserta penerima bantuan iuran (PBI) yang didaftarkan oleh pemda. atau peserta yang masuk dalam pengecualian peraturan direksi No 211Tahun 2014 tentang petunjuk teknis mengenai penjaminan peserta perorangan BPJS kesehatan.

Berdasarkan ketentuan tersebut, maka dengan membawa persyaratan yang dibutuhkan yaitu: surat pernyataan dokter spesialis kandungan yang berisi usia janin, denyut jantung, jenis kelamin, dan hari perkiraan lahir, fotocopy kartu BPJS kesehatan dan fotocopy KTP dan KK orang tua menuju ke kantor BPJS Kesehatan Semarang di Jl. Sultan Agung No.144, Kaliwiru, Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232. Mengisi formulir 1 lembar saja yang berisi identitas diri dan nama calon bayi mendapatkan no. Antrian khusus lansia, ibu hamil dan pendaftaran bayi dalam kandungan. Jadi antrian tidak bercampur dengan pelayanannya lainnya. Pelayanan cukup cepat, sehingga antri 7 nomer antrian tidak berasa.

Setelah menyerahkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk mendaftarkan, kita akan mendapatkan tanda bukti pendaftaran seperti ini.

CARA DAFTAR BPJS UNTUK CALON BAYI

 

Tanda bukti pendaftaran ini jangan sampai hilang. Karena akan digunakan pada saat membayar iuran pertama pada hari kelahiran bayi.  Sesuai peraturan, BPJS kesehatan baru akan aktif setelah 14 hari, itulah kenapa di tanda bukti pendaftaran ada info kapan mulai aktifnya (paling cepat :21/09/2017). Artinya jika bayi ternyata lahir sebelum tanggal 21/09/2017 maka pembayaran iuran pertama baru bisa dilakukan pada tanggal 21/09/2017 atau setelahnya. Terus bayarnya kapan?

CARA DAFTAR BPJS UNTUK CALON BAYI kapan mulai bayar iurannya?

Pembayaran iuran calon bayi yang sudah terdaftar di BPJS kesehatan dilakukan pada hari saat bayi tersebut lahir, dengan melampirkan Kartu keluarga, Foto Copy Surat Keterangan Lahir dan bukti pendaftaran. Setelah membayar iuran pertama dan menyerahkan data yang dipersyaratkan tersebut jaminan kesehatan untuk bayi akan langsung aktif. Perubahan data bayi wajib dilakukan paling lambat sampai 3 bulan sejak bayi lahir.

Bagaimana untuk peserta BPJS kesehatan Perusahaan? Apakah bisa juga mendaftarkan calon bayinya?

Penjelasan di bagian atas hanya diperuntukkan untuk ibu kandung yang ikut kepesertaan BPJS kesehatan mandiri (Menjadi Peserta BPJS kesehatan dengan daftar secara mandiri oleh diri sendiri), sedangkan untuk BPJS kesehatan Pekerja (Kepesertaan BPJS kesehatan yang ditanggung oleh perusahaan) tidak bisa mendaftar BPJS untuk bayi yang masih di dalam kandungan, kecuali untuk anak ke 4 dan seterusnya..

Untuk peserta BPJS kesehatan PPU (Pekerja penerima upah) yang ditanggung oleh perushaaan, jika memang menginginkan bayi yang dilahirkan ingin mendapatkan tanggungan BPJS kesehatan, rumah sakit biasanya akan memberikan tenggat waktu 3 kali 24 jam setelah bayi dilahirkan untuk segera mendaftarkan bayinya ke BPJS kesehatan agar biaya persalinan dan segala hal yang berkaitan dengan persalinan ditanggung oleh BPJS kesehatan.

Persyaratan untuk mendaftarkan BPJS bayi yang sudah lahir adalah sebagai berikut:

  1. Surat Pernyataan Lahir dari Rumah sakit setempat.
  2. Fotokopi KTP Ibu kandung/keluarganya
  3. Kartu keluarga (KK)

lebih baik difotocopy sebanyak minimal 2 lembar untuk antisipasi, jika sudah dipersiapkan anda bisa langsung menuju kantor BPJS setempat untuk dilakukan pendaftaran.

Sebaiknya selain di dalam tas yang standby untuk proses kelahiran yang siap diangkut sewaktu-waktu juga disisipkan berkas-berkas untuk pengaktifan iuran calon bayi. Karena diharapkan setelah kelahiran buah hati kita, hari itu juga bisa diaktifkan keanggotaannya dan tidak harus balik ke rumah untuk ambil dokumen-dokumennya.

CARA DAFTAR BPJS UNTUK CALON BAYI

Dan ingat.. proses aktivasi keanggotaan BPJS Kesehatan adalah 14 hari. Jadi begitu usia kandungan 7-8 bulan segera diurus, dan jangan khawatir prosesnya mudah dan cepat. Urus secepatnya supaya menjelang HPL sudah tenang dan bisa fokus ke proses kelahiran buah hatinya.

Oh ya..

Ini daftar alamat kantor BPJS semarang dan sekitarnya.

Alamat: Jl Sultan Agung No 144 Semarang Jawa Tengah Kode Pos 50234 Indonesia.
Nomor Telepon: (024) 8447698, Fax (024) 8505657.
Pusat Layanan Informasi BPJS Kesehatan 24 Jam: 500 400.
Website Resmi: www.bpjs-kesehatan.go.id

Jl Teuku Umar No 43 Jatingaleh SEMARANG 50234
Nomor telepon: 024 8501429, 8315466 Fax: 8315466.

Alamat Kantor Cabang dan Perwakilan BPJS Kesehatan sekitar Semarang:
Kabupaten Demak – RSUD Sunan Kalijaga Jl Sultan Patah No 660/50 Demak, No Telp (0291) 685018.
Kabupaten Grobogan – Jl Kauman Selatan No 12 Purwodadi, No Telp (0292) 421496.
Kabupaten Kendal – Jl Laut No 30 Kendal, Telepon (0294) 381356.
Kabupaten Semarang, Jl Diponegoro No 244 A Ungaran Nomor Telp (024) 6929949.

dan, satu lagi terakhir dan terpenting dari segalanya. Jangan lupa untuk bayar iuran yang sudah ada, karena jika ada tunggakan tidak bisa diproses CARA DAFTAR BPJS UNTUK CALON BAYI.

About Arief B. Muttaqien 79 Articles
orang biasa, yang biasa saja, biasa jalan-jalan, biasa makan..pokoknya biasa lahh.. tapi tetap LUAR BIASAAA

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*