Marketing Plan Competition 2019 UNNES, Studi kasus Sari Roti

Universitas Negeri Semarang tanggal 4 agustus kemarin menyelenggarakan tahap akhir Marketing Plan Competition 2019 yang sudah memasuki tahun ketiga. Tema utama yang diangkat untuk tahun ini adalah “Digital Marketing in Millenial Era” suatu tema yang sangat up to date dan menarik untuk dibahas. Sebagai studi kasusnya adalah Sari Roti, bagaimana mendigitalkan penjualan sari roti, yang identik dengan gerobak rotinya. sangat menarik bukan..

diikuti 30 peserta dari universitas-universitas di Indonesia, hingga mengerucut menjadi 10 finalis yang akan beradu ide, gagasan dan mempertahankan apa yang telah dibuat di hadapan dewan juri yang terdiri dari Reza Rahardian dari MarkPlus Inc., Ahmad Habibi dari Sari Roti, dan Arief Budi Muttaqien selaku digital strategist kelasmarketingonline.net .

kesepuluh finalis ini adalah :

  1.  Smasher dari Universitas Tarumanegara Jakarta 
  2.  Jagoan Papa dari tuan rumah Universitas Negeri Semarang
  3.  Trinity dari Telkom University Bandung
  4.  Rice Up dari Universitas Indonesia
  5.  Atyasa dari Universitas Padjajaran
  6.  Team 7 dari Universitas Prasetya Mulya
  7.  Srikandi dari Universitas Kristen Petra Surabaya
  8. Dajo dari Institut Teknologi Bandung
  9. Karya Techno dari Universitas teknologi Yogyakarta
  10. Karya Adhigana dari Universitas Brawijaya Malang

penjurian dilakukan dengan metode tertutup, peserta mempresentasikan ide dan gagasannya selama 10 menit dan tanya jawab selama 10 menit. Cukup seru melihat bagaimana teman-teman mahasiswa ini memberikan ide-ide dan gagasan yang benar-benar fresh dan out of the box ke dewan Juri.

marketing plan competition 2019

dan setelah selesai penjurian, seluruh finalis dikumpulkan kembali ke dalam satu ruangan untuk mendengarkan masukan dari para dewan juri.

dan malam harinya adalah Awarding Night dengan juaranya adalah :

JUARA 1 : TEAM 7 dari Universitas Prasetya Mulya. Congrats buat Ahmad Choirul Amin, Clarissa Novianty Ishen, dan Gabriella Kurnia

Juara 2 : RICE UP dari Universitas Indonesia dengan member Alya Nabila Putri, Nathanael Antonius, Klairine Rustan

Juara 3 : SMASHER dari Universitas Tarumanegara anggotanya Velia Melisandra, Margareta, Sri Deviana

Juara Harapan : ATYASA dari Universitas Padjadjaran, dengan anggota Zaky Faza Halimy, Nisrina Andranaswari P, dan Silvi Dwi Oktaviani

Congrats you all, guys.. success in your future!

by the way nih…

ada catatan kecil setelah mendapatkan paparan dari para finalis universitas ini. terlihat bahwa digital marketing belum begitu tersentuh di dunia Perguruan Tinggi, Karena rata-rata finalis  masih berkutat di marketing plan offline, padahal temanya mengenai Digital Marketing. 

ketika para finalis ditanya apakah di kampus ada yang membimbing mengenai digital marketing ini kebanyakan menjawab tidak ada.. sayang banget,kan.. jangan sampai industrinya sudah 4.0, mahasiswanya millenial, tapi kampus masih di era 90-an.

Tidak perlu membuat satu jurusan atau program studi khusus, cukup satu atau dua mata kuliah 3 sks di fakultas ekonomi dan bisnis, untuk mengenalkan basic digital marketing nya, kecuali untuk fakultas-fakultas vokasi,ya..

Supaya kita bisa benar-benar menggunakan digital marketing ini sebagai tools marketing yang sangat powerful. Bagaimana pun, Marketing secara OFFLINE dan Marketing ONLINE itu harus INLINE, harus segendang sepenarian.

 

 

About Arief B. Muttaqien 79 Articles
orang biasa, yang biasa saja, biasa jalan-jalan, biasa makan..pokoknya biasa lahh.. tapi tetap LUAR BIASAAA

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*