Masjid Perut Bumi di kota Tuban yang Unik dan Menarik

Masjid Perut Bumi di kota Tuban yang Unik dan Menarik
Masjid Perut Bumi di kota Tuban yang Unik dan Menarik

Masjid Perut Bumi di kota Tuban yang Unik dan Menarik

Masjid Perut Bumi di kota Tuban yang Unik dan Menarik merupakan hal yang sangat unik. berasal dari goa yang sangat banyak di kota Tuban.

sebenarnya tidak hanya masjid yang bernama Masjid Ashabul Kahfi, tapi merupakan pesantren yang bernama Pesantren Syeh Maulana Maghrobi. Goa tersebut awalnya tempat pembuangan sampah,namun Kyai Subhan mendapatkan bisikan untuk merawat goa tersebut dan membersihkan sampah yang berton-ton dari goa tersebut. setelah bersih goa tersebut dijadikan masjid perut bumi.

saat memasuki pintu utama mulut goa masjid perut bumi kita sudah harus mencopot alas kaki, dan jangan lupa bawa tas atau bisa beli tas plastik disekitar lokasi untuk menyimpan alas kaki mengingat pintu masuk dan pintu keluarnya berbeda. pada saat masuk peziarah wajib mengisi buku tamu dan dipersilakan mengisi kas seikhlasnya. bertemu lorong yang menurun ke bawah hingga masuk ke dalam goa, dan ada larangan untuk mengambil gambar. disisi kiri dan kanan terdapat tempat wudhu, setelah itu baru terdapat masjidnya di sisi sebelah kiri. masuk ke dalam akan mendapati tempat yang sangat luas seperti aula, dan digunakan sebagai tempat tauziyah. sekelilingnya banyak terdapat tempat-tempat untuk bertapa, ruang tamu.

keluar dari aula tersebut akan bertemu lorong-lorong lagi di masjid perut bumi, yang terdapat sumber air barokah yang bisa dipakai untuk cuci muka dan dibawa pulang. selanjutnya masih ada lorong-lorong goa lagi hingga akhirnya menuju pintu keluar. di bagian ini hingga pintu keluar sudah boleh diambil gambarnya, dan berikut adalah video penelusuran goa masjid perut bumi di kompleks Pesantren perut Bumi Syech Maulana Maghrobi yang lebih dikenal dengan Masjid Perut Bumi di kota Tuban yang Unik dan Menarik.

Masjid Perut Bumi di kota Tuban yang Unik dan Menarik

pada saat kunjungan sedang ada tauziyah rombongan peziarah sehingga kesempatan untuk mengeksplorasi ruangan aula masjid perut bumi yang luas menjadi terbatas. namun tetap sangat luar biasa melihat stalagtit yang masih meneteskan air dan stalagmit yang menjulang ke atas. bahkan di beberapa bagian goa sangat rendah sehingga dengan tinggi badan 185 cm harus sering membungkukkan badan jika tidak ingin mencoba kekerasan stalagtit di langit-langit goa.

jika sedang melewati kota Tuban mampirlah untuk mengunjungi Masjid Perut Bumi di kota Tuban yang Unik dan Menarik.



About Arief B. Muttaqien 86 Articles
orang biasa, yang biasa saja, biasa jalan-jalan, biasa makan..pokoknya biasa lahh.. tapi tetap LUAR BIASAAA

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*