google bisnisku apa dan bagaimana kegunaannya

google bisnisku apa dan bagaimana kegunaannya

Google Bisnisku apa dan bagaimana kegunaannya

Google bisnisku apa dan bagaimana kegunaannya untuk bisnis kita. Google Bisnisku adalah aplikasi local listing yang diciptakan oleh Google sangat sangat powerful sebagai sarana pengenalan bisnis kita. Google Gapura Digital di salah satu modulnya juga membahas khusus mengenai Google Bisnisku ini.

Kenapa aplikasi ini sangat powerful dan bisa membantu sekali mengenalkan bisnis kita? Ada beberapa alasan yang sangat kuat:

  1. Google Bisnisku GRATIS.
  2. Google Bisnisku berisi informasi yang sangat detail mengenai bisnis kita. Mulai dari yang dasar seperti geo tag dan lokasi yang terhubung dengan Google Maps sehingga bisa minta petunjuk arah di Google Maps menuju lokasi kita. Call yang terhubung dengan telpon kita, jam buka, alamat, dan mengklasifikasikan kategori bisnis kita, foto-foto mengenai lokasi dan produk yang bisa diupload, posting artikel pendek, bahkan tersedia website sederhana yang bisa kita manfaatkan.
  3. sekali sudah terverifikasi, maka seluruh pengguna google di dunia dapat mengakses informasi, membagikan ke orang lain dan bahkan melakukan review dan memberikan masukan terhadap bisnis kita.
  4. Google Bisnisku juga akan mengumpulkan data yang sangat bermanfaat bagi kita. data yang bisa kita akses di menu Insight adalah berapa banyak orang yang visit di Google Bisnisku milik kita, berapa banyak yang melihat tayangan foto, menelpon atau meminta petunjuk arah ke bisnis kita, dan bahkan bisa membandingkan dengan bisnis yang sejenis dengan bisnis kita.
  5. Asyiknya lagi, dengan Google Bisnisku ini secara otomatis bisnis kita akan tampil di sebelah kanan di pejwan google. Tanpa pusing bikin website, tanpa pusing memikirkan SEO. Dikombinasikan dengan adwords express, maka Google Bisnisku merupakan kombinasi yang keren habis.

Bagaimana cara daftarnya? klik link ini kemudian ikuti proses pengisian data bisnis kita. Hal yang terpenting di dalam pendaftaran Google Bisnisku adalah proses VERIFIKASI. Proses verifikasi ada 3 macam cara yang tersedia : melalui SMS, melalui telepon dan melalui pos surat. Ya, POS SURAT. kita mau bisnis kita di-online-kan kok malah Google kok malah google berkirim surat seperti zaman old? 

dari 3 macam cara verifikasi tidak semua metode akan tersedia. Dari pengalaman pribadi mendaftarkan 4 bisnis, hanya 1 yang ada pilihan melalui telepon/SMS, lainnya menggunakan pos. dan hampir semua teman-teman yang menggunakan Google Bisnisku hanya ada opsi melalui pos. 1 bisnis yang proses verifikasinya menggunakan pos adalah bimbingan belajar. untuk yang kelas internet marketing, dan 2 bisnis lainnya menggunakan pos yang dikirimkan ke alamat terdaftar.

Google bisnisku apa dan bagaimana kegunaannya

Kita masuk ke pertanyaan : Kenapa untuk daftarkan bisnis di Google malah diverifikasi melalui pos? tebakan saya dan berdasarkan logika, bahwa Google hendak memastikan bahwa memang bisnis kita ada dan nyata dan terletak di alamat tersebut. Jadi bukan bisnis fiktif atau abal-abal. Dan dari 3 bisnis yang dikirimkan melalui pos tidak ada yang sekali jadi, dan harus request ulang. artinya begitu request kode verifikasi langsung terkirim dan diterima di alamat dalam jangka 4 hari (seperti janjinya Google). Nah, sharing untuk teman-teman yang sudah meminta kode verifikasi namun belum diterima padahal sudah 2 minggu bisa diulang request lagi. 

Untuk penamaan bisnis lakukan dengan cermat. Lakukan riset kata kunci di Google bagaimana kompetitor kita memberi nama bisnisnya supaya nanti bisnis kita bisa mencuat. Jika brand kita belum terkenal jangan utamakan brand kita. Gunakan kata-kata umum yang orang biasa pakai untuk mencari bisnis yang sejenis dengan bisnis kita. Contoh misalkan bisnis kita kerajinan tangan yang diberi branding ” BLUKUTHUK” dan belum terkenal, coba tempatkan diri kita sebagai calon customer yang googling. akan mereka akan ketik kata kunci “BLUKUTHUK” atau kerajinan tangan?

dan terakhir, pastikan “Google bisnisku apa dan bagaimana kegunaannya” selalu kita update ya,guys.

About Arief B. Muttaqien 79 Articles
orang biasa, yang biasa saja, biasa jalan-jalan, biasa makan..pokoknya biasa lahh.. tapi tetap LUAR BIASAAA

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*