Google For Indonesia 2020, virtual Event di era Pandemi

google for indonesia

Google for Indonesia tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. tentu saja, karena di kondisi COVID-19 ini yang tidak memungkinkan adanya kerumunan dan kegiatan berskala besar, Google For Indonesia atau yang biasa disingkat menjadi G4ID dilangsungkan secara virtual. Event G4ID bersifat tahunan untuk memberikan insight dan wawasan kepada masyarakat apa yang telah dan akan Google lakukan untuk perkembangan dan kemajuan Indonesia.

G4ID 2020 ini adalah event G4ID ketiga saya, setelah tahun 2018, 2019 dan tahun ini. di Tahun 2018 dan 2019 G4ID dilaksanakan di Ciputra Artpreneur Theater yang bertempat di Ciputra World di kuningan, Jakarta. Pada tahun 2018, acara dilakukan secara terbatas (hanya undangan yang bisa hadir) dan saya hadir sebagai undangan karena menjadi team fasilitator Google Gapura Digital di Semarang, sebuah program pelatihan dan pengembangan UMKM yang diinisiasi oleh Google Indonesia. Selain acara di yang mengundang banyak pembicara, juga ada pameran apa yang telah google perbuat. Saat itu yang menarik adalah adanya HP seharga 99ribu yang sudah terhubung ke internet dan sudah bisa terkoneksi dengan Google Assistant. Namun hingga saat ini sampai tahun 2020 akan berakhir produk tersebut belum diluncurkan di pasar indonesia.

Pada tahun 2019 masih bertempat di Ciputra Artpreneur Kuningan Jakarta ada perubahan format event. Selain event di theater yang diisi oleh banyak pembicara, mulai dari internal petinggi Google, profesional hingga para pejabat negara dibuka pula expose atau pameran yang terbuka untuk umum yang telah mendaftar sebelumnya. Di pameran ditunjukkan hal-hal yang baru dari Google, mulai dari Youtube Music, security, hingga Google Lens. Dan tentunya tidak ketinggalan stand-stand Games untuk mendapatkan merchandise Google. yang menjadi ikon di 2019 adalah Youtube Music dan Google Lens, dimana dengan menggunakan kamera hp kita bisa langsung menerjemahkan berbagai bahasa,  cukup dengan mengarahkan kamera ke tulisan yang akan diterjemahkan, bahkan jika diarahkan ke suatu benda, google lens secara otomatis akan memberikan benda apa itu, termasuk harganya.

Tahun ini full virtual. acara dilaksanakan pada tanggal 18 november 2020 mulai pukul 10.00 – 12.00 WIB. Dimulai dengan opening speech oleh Presiden RI bpk. Joko Widodo, yang menyampaikan adanya kebutuhan 9 juta talenta Digital Nasional untuk percepatan ekonomi digital, dilanjutkan oleh Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia yang menyampaikan adanya hibah Google.org senilai USD 1 M untuk program pencari kerja dan ASEAN Youth Employment.

Google for Indonesia

Menko Perekonomian bpk Airlangga Hartanto berbicara bagaimana Google membantu Pemerintah dalam Pelatihan Digital dan pinjaman modal berbunga murah ke UMKM, disambung oleh Veronica Utami selaku Marketing Director Google Indonesia yang memberikan informasi tentang teknologi dan pemulihan ekonomi dengan bantuan USD 10 M berbunga rendah untuk usaha kecil, dan juga bagaimana kelas online Gapura Digital sekarang bisa menjangkau dari sabang sampai merauke.

Isu Disinformasi dan melawan hoax juga menjadi perhatian Jason Tedjasukmana, Head of Corporate Communication Google Indonesia dimana Google for Media bertujuan untuk akses media yang berkualitas dan mendukung partner media secara jangka panjang. Menyikapi kondisi pandemi yang sangat berimbas ke dunia pendidikan, Ben Gomes, Senior Vice President Learning & education  menyampaikan adanya G Suite for education yang membantu 45 juta guru dan siswa se-Indonesia.

dan, ditutup oleh Megawaty Khie, Country Director Google Cloud Indonesia, mencanangkan BANGKIT 2021 dengan pelatihan-pelatihan machine learning, android deployment dan cloud computing.

Sangat menarik wawasan yang bisa didapatkan di event google for Indonesia 2020. Untuk menonton bisa menuju di link ini .

 

 

About Arief B. Muttaqien 86 Articles
orang biasa, yang biasa saja, biasa jalan-jalan, biasa makan..pokoknya biasa lahh.. tapi tetap LUAR BIASAAA

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*