Ramadan di mata Google dan optimasinya

ramadan

Bulan Ramadan atau disebut juga sebagai bulan puasa merupakan suatu hal yang istimewa di Indonesia. Bukan hanya sebagai ritual keagamaan bagi umat Islam namun dengan menjadi satu kesatuan dengan Hari Raya Idul Fitri merupakan festival bagi seluruh rakyat Indonesia.

Apa kata Google mengenai Ramadan ini? Google telah mengumpulkan data selama puasa tahun lalu di 2020 dan persiapan 2021 berkaitan dengan hal-hal apa saja yang dicari penggunanya dalam mesin penelusuran, dan dicantumkan dalam situsnya dengan judul Winning Ramadan with Digital 2020. dan 2021. Dengan mengetahui dan memahami hal tersebut, diharapkan ramadan tahun ini kita bisa mengoptimalkan bisnis online dengan memanfaatkan data tahun lalu yang rasanya dari tahun ke tahun tidak terlalu jauh berbeda.

Apa saja kata kunci yang muncul di bulan ramadan itu?

Pencarian kata “DOA” meningkat 2.1x, kata “ZAKAT” 15x dan kata “DONASI 2.2x”, sedangkan untuk 2021 DONASI meningkat 2x. Tidak ada perubahan yang signifikan bukan?

Dari sisi spiritual terjadi peningkatan yang sangat signifikan, karena memang situasi dan kondisi euforia menyambut bulan puasa. Tetapi yang menjadi pertanyaan adalah apa manfaatnya tahu hal itu buat usaha online kita? Pertanyaan itu akan terjawab nanti.

Dari sisi kehidupan sehari-hari hal yang muncul adalah di segmen kecantikan ada kata kunci “SIMPLE, MUDAH, TUTORIAL” meningkat 1.5x di segmen pengalaman pengguna ada kata “TERDEKAT” dengan 1.7x dan di segmen Memasak ada kata “SIMPLE, SEDERHANA,PRAKTIS” meningkat 3x lipat.

Namun yang spesial di data winning ramadan 2021 adanya peningkatan kata “KIRIM MAKANAN” sebesar 4x lipat. Hal ini berkaitan dengan ramadan tahun lalu yang dalam kondisi pandemi COVID-19 yang berbeda dengan ramadan sebelumnya, namun kondisi 2020 masih kita hadapi saat ini.

Semua itu adalah kata-kata kunci yang bisa digunakan dalam pembuatan konten edisi puasa / lebaran untuk bisnis online kita.

Hal yang spesial lainnya di tahun lalu adalah orang Indonesia menelusuri dengan kata kunci “CARA UNTUK BELANJA ONLINE” meningkat 79% dan “BAGAIMANA CARA MENJADI PENJUAL ONLINE” meningkat 44%.

baca juga : Bisnis Online kesalahan pertama kali saat mulai

Usahakan konten-konten edisi spesial ini ada sangkut pautnya dengan kata – kata kunci tersebut.

Misal dengan membuat judul “Baju Gamis Lebaran 2021 terdekat“, atau judul video Tutorial memasang Hijab untuk Hari Raya”. Untuk kata kunci yang bersifat reliji bisa digunakan untuk konten edukasi atau soft selling misal dengan membuat konten panduan membayar ZAKAT fitrah, atau macam-macam DOA setelah sholat malam.

Semua tergantung kreatifitas dan kejelian kita dalam mengolah hal tersebut. Untuk pembahasan mengenai konten itu sendiri akan dibahas di postingan berikutnya, stay tuned.

Dan selamat menunaikan ibadah puasa, semoga diberikan kelancaran hingga akhir.

About Arief B. Muttaqien 86 Articles
orang biasa, yang biasa saja, biasa jalan-jalan, biasa makan..pokoknya biasa lahh.. tapi tetap LUAR BIASAAA

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*